Welcome to My Blogger

Kamis, 29 Desember 2011

Berbagai macam koperasi di Indonesia

    Koperasi di Indonesia ada berbagai macam jenisnya salah satu yang sering kita jumpai yaitu koperasi sekolah dan koperasi simpan pinjam yang di buat oleh tingkat kelurahan.
koperasi sekolah biasanya menjual barang-barang sekolah untuk kepentingan murid agar murid tidak perlu membeli peralatan sekolah jauh-jauh lagi. Koperasi dalam sekolah juga kadang menyediakan tempat bagi murid untuk menjual dengan cara menitipkan makanan yang mereka jual di koperasi dengan cara member hasil.

    Koperasi tingkat kelurahan merupakan koperasi yang cukup besar karena mencakup dari beberapa tingkat RW dan RT. Koperasi kelurahan memberikan pinjaman bagi warga yang kurang mampu dengan perjanjian pembayaran yang telah ditentukan.
Selain ke2 macam koperasi tersebut pemerintah juga banyak mendirikan berbagai macam jenis koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia guna kesejahteraan rakyat Indonesia.

   Salah satu program koperasi modern di Indonesia adalah  Koperasi ekonomi rakyat Nusantara (KERaN) yaitu  merupakan  koperasi bersistem modern yang berlandaskan Demokrasi Pancasila. KERaN didirikan tanggal 27 desember 2010 terdaftar di kementerian koperasi & UKM dengan nomor 965/BH/M.KUKM.2/III/2011.
Menurut saya KERaN ini sangat berperan penting dalam perekonomian di Indonesia karena memiliki visi serta misi yang bertujuan memajukan perekonomian di Indonesia dengan melandaskan pancasila di dalamnya oleh karena bagi kita generasi muda harus berusaha membantu program pemerintah dalam melaksanakan perekonomian Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar