Welcome to My Blogger

Senin, 02 Januari 2012

olahraga sederhana


Olahraga ringan tanpa biaya

Setiap manusia pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar. Namun untuk membuat tubuh sehat tidak hanya di perlukan makanan yang sehat dan bergizi namun kita juga harus melakukan olah raga. Kini dengan berkembangnya teknologi jarang orang yang berolahraga karena semua fasilitas yang ada membuat manusia jadi males menjaga dirinya. Beriut ini adalah jenis olah raga ringan yang dapat di lakukan siapa saja. Misalnya saja jogging, push up, sit up dan back up.

Ø  Jogging

jogging kini dianggap sebagai  ajang sosialisasi dan rekreasi bersama teman, pacar maupun keluarga. Manfaat jogging kini tidak hanya dipandang  sebatas menyehatkan tubuh, tapi juga  dipandang sebagai aktivitas sosial untuk memperluas pergaulan dan rekreasi mini yang bisa dinikmati bersama keluarga. Bahkan sekarang tidak sedikit dari keluarga Indonesia yang menjadikan jogging sebagai rutinitas untuk berkumpul bersama di akhir pekan.


Ø  Push up (telungkup dorong angkat badan)

a)      Tujuan : untuk melatih kekuatan otot lengan
b)    . Cara melakukan :
(1) Tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakangdengan ujung kaki bertumpu pada lantai
(2) Kedua telapak tangan menapaklantai di samping dada, jari-jari menghadap ke depan, siku ditekuk.
 (3)Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, sementara posisi kepala,badan, dan kaki berada dalam satu garis lurus.
 (4) Badan diturunkan kembalidengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kakitetap lurus tidakmenyentuh lantai.
(5) Gerakan ini dilakukan berulang-ulangsampai tidak kuat.

Ø Sit Up

1)      Tujuan : untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu
2)     Cara melakukan :
a) Sikap awal tidur terlentang, kedua lutut ditekuk, jari-jariberkaitan di belakang kepala, dan pergelangan kaki dipegangi teman.
b)Angkat badan ke atas sampai posisi duduk, kedua tangan tetap berada dibelakang kepala.
c) Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
d) Gerakan inidilakukan berulang-ulang sebanyak mungkin.



Ø Latihan otot punggung (back up)

1) Tujuan : untuk melatih kekuatan otot punggung
2) Cara melakukan :
a) Sikap awal tidur terlungkup, kedua kaki rapat lurus kebelakang, kedua tangan dengan jari-jari berkaitan diletakkan di belakang, kepala, pergelangan kaki dipegang oleh teman
b) Angkat badan ke atassampai posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh lantai , kedua tangantetap berada di belakang kepala.
c) Badan diturunkan kembalid) Gerakan inidilakukan berulang-ulang sebanyak mungkin.

Sumber  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar