Welcome to My Blogger

Senin, 28 Januari 2013

MUSIK



MUSIK
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Macam – Macam Genre Musik di Dunia
Musik JAZZ
Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues , ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland , swing , bebop , hard bop, cool jazz , free jazz, jazz fusion , smooth jazz , dan CafJazz.

Musik POP
Musik pop adalah genre musik yang paling populer namun batas- batasnya sering kabur, karena banyak musisi pop dimasukkan juga ke kategori rock, hip hop, country, dsb.

Musik HIP HOP,RAP,RAPCORE
Musik hip hop dapat dianggap sebagai subgenre R&B. Dimulai di awal 1970-an dan 1980- an, musik ini mulanya berkembang di pantai timur AS, disebut East Coast hip hop. Pada sekitar tahun 1992,musik hip hop dari pantai barat juga mulai terkenal dengan nama West Coast hip hop. Jenis musik ini juga dicampur dengan heavy metal menghasilkan rapcore.

Musik PUNK
Punk rock adalah genre musik rock yang dikembangkan antara tahun 1974 dan 1976 di Amerika Serikat, Britania Raya dan Australia. Musik ini dibuat cepat dan keras.

Musik ALTERNATIVE
Alternatif rock (disebut juga musik alternatif, alt-rock atau hanya alternatif) adalah genre musik rock yang muncul pada tahun 1980 dan menjadi populer pada 1990-an. Alternatif terdiri dari berbagai subgenre yang muncul dari scene musik independen sejak tahun 1980- an. Seperti grunge, britpop, gothic rock dan pop indie.

Reggae adalah genre musik pertama kali dikembangkan di Jamaika pada akhir tahun 1960.Reggae, istilah yang lebih tepat yang menunjukkan gaya musik tertentu yang berasal berikut pada pengembangan ska dan rocksteady.

Musik ROCK
Musik rock adalah genre musik populer di tahun 1950-an. Hal ini berakar pada 1940-an dan 1950- an rock and roll, rhythm and blues, music country dan folk, jazz dan musik klasik. Rock sering berkisar pada gitar listrik, mengalahkan irama yang ditetapkan oleh gitar bass listrik, drum dan instrumen keyboard, seperti hammond organ dan piano. Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, barulah rock dimasukkan pengaruh jiwa, funk dan musik latin. Masih di tahun 1970-an, rock subgenre seperti soft rock berkembang menjadi beberapa. Seperti glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock dan punk rock. Rock subgenre muncul pada 1980- an, termasuk ombak baru, punk, hardcore dan rock alternatif. Dan pada 1990-an, termasuk ke dalam subgenre grunge rock, Britpop, indie rock dan nu metal.

Sedangkan Macam-Macam Musik Indonesia

Musik Keroncong
Secara umum, musik keroncong memiliki harmoni musik dan improvisasi yang sangat terbatas. Umumnya lagu-lagunya memiliki bentuk dan susunan yang sama. Syair-syairnya terdiri atas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) yang diselingi dengan permainan alat musik.

Musik Dangdut
Musik dangdut merupakan hasil perpaduan antara musik India dengan musik Melayu, musik ini kemudian berkembang dan menampilkan cirinya yang khas dan berbeda dengan musik akarnya. Ciri khas musik ini terletak pada pukulan alat musik tabla (sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi ndut). Selain itu, iramanya ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk menggerakkan anggota badannya. Lagunya pun mudah dicerna, sehingga tidak susah untuk diterima masyarakat.

Musik Perjuangan
Musik ini lahir dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuang berusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair-syair yang diciptakan pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untuk berkorban demi Tanah Air, dan sebagainya. Irama musiknya pun dibuat cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.

Musik Populer (Pop)
Musik ini memiliki ciri, antara lain penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas. Komposisi melodinyajuga mudah dicerna. Biasanya, para musisinya juga menambahkan variasi gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan pendengar atau penontonnya. Musik pop dibedakan menjadi musik pop anak-anak dan musik pop dewasa.


SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar